Monday, May 4, 2015

Breakdance atau B-boy

Apakah kalian tau apa itu B-boy atau yang biasa disebut Breakdance ? Jika kalian belum tau , disini gue akan menjelaskannya. Oke tanpa basa-basi lagi langsung kalian baca deh

Breakdance adalah sebuah tarian jalanan yang berkembang sekitar tahun 1970 yang berasal dari Bronx di New York, Amerika. Pada awalnya, breakdance hanya berkembang di kalangan anak muda Afrika-Amerika dan Puerto Rico (“Breakdance”, Wikipedia).

Namun kemudian berkembang hingga ke Los Angeles, dan akhirnya menjadi populer di seluruh dunia . Breakdance disebut juga dengan istilah B-Boying. Sebutan B-Boying pertama kali dikemukakan oleh Kool DJ Herc yang merupakan seorang DJ di Bronx pada masa itu. B-Boys artinya "Break Boys". Disebut "Break Boys" karena mereka menari saat bagian musik turun dimana musik hanya ada ketukan drum atau dikenal dengan istilah break part of music. Akhirnya break part ini dikembangkan oleh DJ hingga pada akhirnya lahirlah musik khas breakdance yang disebut Break Beats (“Sejarah B-Boying di Dunia”). Di kancah internasional, breakdance menjadi sangat terkenal dan populer pada tahun 80an, namun kemudian dihentikan oleh media juga di decade yang sama. Pada saat itu pihak media tidak lagi tertarik mengulas berita-berita mengenai breakdance. Meskipun begitu, para b-boy dan b-girl (sebutan untukorang-orang yang melakukan breakdance) tidak hilang semangat dan terus berlatih.



Walaupun, breakdance dimulai pada golongan muda di gang jalanan. Sekarang, budaya breakdance menjadi sebuah disiplin yang baru di Antara penari dan atlet. Budaya breakdance sekarang bebas dipelajari oleh ras, jenis kelamin , umur apa saja dan diterima secara mendunia.

No comments:

Post a Comment